Info Terkini Humas

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

          Tim Penjamin mutu SMPN 3 Jember sebagai wadah untuk meramu program program yang digunakan untuk mewujudkan Visi dan Misi sekolah , selalu berupaya membangun kegiatan kegiatan yang selaras dengan Visi dan Misi SMPN 3 Jember. Seluruh kegiatan yang dibangun  bermuara pada Visi Sekolah “ Mewujudkan Lulusan Yang Berakhlak Mulia, Cerdas, dan Kompetitif”.

            Dasar hukum yang menjadi acuan tim penjamin mutu untuk membuat program program pengembangan mutu di SMPN 3 Jember adalah sbb :

1.       UU no 20 th 2003  tentang Sistem Pendidikan Nasional.

2.       PP no 19 th 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

3.       Permendiknas no 22 th 2006 tentang Standart isi KTSP.

4.       Permendiknas no 16 th 2007 tentang Standart Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

5.       Permendiknas no 19 th 2007 tentang Standar Pengelolaan.

6.       Permendiknas no 24 th 2007 tentang Standart Sarpras.

7.       Permendikbud no 20 th 2016 tentang Standart Kompetensi Lulusan.

8.       Permendikbud no 21 th 20016 tentang Standar Isi.

9.       Permendikbud no  22 th 2016 tentang Standart Proses.

10.   Permendikbud no 23 th 2016 tentang  Penilaian Pendidikan.

Program Pengembangan Mutu yang kami bangun di SMPN 3 Jember meliputi 5 sasaran,yaitu:

1.       Pengembangan Mutu di Bidang  Akademik.

a). Guru

b). Karyawan

c). Siswa

2.       Pengembangan Mutu di Bidang Non Akademik.

a). Guru

b). Karyawan

c). Siswa

3.       Pengembangan Karakter.

a). Guru

b). Karyawan

c). Siswa          

                4.. Pengembangan hasil EDS ( Evaluasi Diri Sekolah ) berpedoman pada  skala prioritas.

           5.Penataan RKAS  dan RKS  .

       

I.                    PENGEMBANGAN MUTU DI BIDANG AKADEMIK

A). GURU

NO

 

PROGRAM

PELAKSANA

( Koordinator)

TARGET

1.

Membentuk MGMPS (seluruh mapel)

Waka Akademik

Mempunyai tim work setiap mata pelajaran.

2.

Mengikutsertakan guru mapel  secara aktif dalam kegiatan MGMP kabupaten

Waka Akademik

Guru mapel selalu update perkembangan pembelajaran dan mempunyai wadah untuk meningkatkan mutu pembelajaran.

3.

Mengirim guru mapel dalam pelatihan peningkatan mutu pendidikan baik di tingkat kabupaten, Karisidenan, propinsi ,nasional , maupun internasional.

Waka Akademik

Guru mapel memiliki wawasan luas tentang perkembangan dan peningkatan pendidikan, serta mampu mengimplementasikan ilmunya dan mampu meneruskan pada guru yang lain ,baik di sekolah maupun  di MGMP.

4.

Mendatangkan nara sumber baik tingkat kabupaten, propinsi maupun nasional.

Waka Akademik

Guru akan menjadi lebih professional dalam tugasnya .

5.

Melibatkan guru dalam kegiatan ektrakurikuler dan kegiatan kesiswaan.

Waka Non Akademik

Guru mampu berdaya saing untuk mengantar siswa meraih kejuaraan.

6.

Memberi kesempatan guru untuk menempuh pendidikan lebih tinggi

Waka Akademik

Guru bersertifikasi linier dengan mapel yang diampu dan dapat memperoleh pendidikan lebih tinggi untuk peningkatan mutu.

 

 

 

 

 

 

 

 

                                B). KARYAWAN

NO

 

PROGRAM

PELAKSANA

( KOORDINATOR)

TARGET

1.

Pemetaan Tupoksi Karyawan

Waka Non Akademik

Karyawan lebih profesional melaksanakan tugasnya.

2.

Mengadakan pembinaan dan evaluasi kerja karyawan.

Waka Non Akademik

Karyawan mampu memperbaiki system kerjanya.

3.

Mengirim karyawan dalam pelatihan,atau menghadiri undangan dalam rangka peningkatan kinerja.

Waka Non Akademik

Adanya Peningkatan kinerja karyawan.

4.

Melibatkan karyawan dalam kegiatan kesiswaan maupun kegiatan sekolah .

Waka Non Akademik

Terciptanya iklim kerja yang sinergi antara warga sekolah.

5.

Mengadakan Rolling Tupoksi Karyawan berdasarkan situasi dan kebutuhan  sekolah.

Waka Non Akademik

Karyawan memiliki kemampuan lebih untuk melaksanakan Tupoksi yang lain/ yang baru.

6.

Mengadakan Supervisi kinerja Karyawan.

Waka Non Akademik

Tercapainya sasaran kerja karyawan dengan maksimal ,baik secara administrasi maupun kinerja nyata.

 

                                C). SISWA

NO

 

PROGRAM

PELAKSANA

(KOORDINATOR)

TARGET

1.

Mengadakan pembinaan akademik/mapel untuk persiapan lomba/olimpiade kls 7 , 8 ,  9

= Kurikulum

= Kesiswaan

Memperoleh kejuaraan

2.

Mengikutsertakan siswa dalam lomba akademik di tingkat kabupaten, karisidenan, propinsi, nasional maupun internasional.

( kls 7 , 8 , dan 9 )

Kesiswaan

= Menumbuhkan jiwa

    kompetitif.

=  Memperoleh kejuaraan

=  Peningkatan peluang

    Lulusan SMPN 3 Jr

    dalam PPDB jalur

    prestasi.

3.

Mengadakan PIB ( Program Bimbingan Intensif )  bagi kls 9, mapel UN.

Kurikulum

 = Pencapaian target hasil

    UN.

=  pencapaian nilai UN

    Tertinggi tk kabupaten.

= Peningkatan jumlah

   Siswa SMPN 3 Jember

   yang  masuk 10 besar

   nilai UN tk kabupaten.

4.

Mengadakan PIB bagi kls 9, persiapan ujian masuk SMA.

Kurikulum

Peningkatan Prosentase

Penerimaan siswa baru di sekolah sekolah faforit bagi alumni/lulusan SMP Negeri 3 Jember.

5.

Mendatangkan nara sumber atau Pembina professional akademik.

= Kurikulum

= Kesiswaan

Adanya peningkatan wawasan siswa tentang perkembangan materi akademik.

6.

Menjalin kerjasama dengan Lembaga Bimbingan.

= Humas

= Kurikulum

= Kesiswaan

Adanya peningkatan jumlah yang sukses dalam seleksi tryout atau kejuaraan yang dilaksanakan oleh lembaga bimbingan.

7.

Membentuk kelompok belajar siswa

= BK

Terciptanya suasana belajar yang nyaman dan efektif dalam kehidupan sosial siswa.

8.

Membuat laporan hasil Kegiatan Belajar Siswa secara berkala dan terjadwal ( Rapor Tengah Semester , Rapor  semester 1 dan 2)

Kurikulum

Tercapainya ketuntasan belajar siswa.

9.

Membuat laporan hasil evaluasi pelaksanaan PIB kls 9

( hasil pretest, hasil try out )

Kurikulum

Adanya peningkatan hasil evaluasi PIB.

10.

Mengadakan studi tour bagi kls 8 sebagai implementasi pembelajaran Kur 13.

= Kurikulum

= Kesiswaan

= Humas

Peningkatan wawasan pengetahuan dan pengalaman siswa.

11.

Mengadakan Penjaringan siswa berprestasi akademik melalui PPDB.

Kesiswaan

Memiliki bibit unggul akademik .

 

II.PENGEMBANGAN MUTU NON AKADEMIK

 

NO

PROGRAM

PELAKSANA

(KOORDINATOR)

SASARAN

TARGET

1.

Melaksanakan penjaringan siswa berprestasi non akademik melalui PPDP.

Kesiswaan

Siswa

Memiliki bibit unggul Non Akademik.

2.

Mengadakan pembinaan bidang non akademik (kls 7,8 dan 9)

Kesiswaan

Siswa

Pencapaian kejuaraan.

3.

Mengikutsertakan siswa dalam lomba/ kompetisi di tk kabupaten, karisidenan, propinsi, nasional, maupun internasional.

Kesiswaan

Siswa

= Memiliki jiwa

   kompetitif.

= Pencapaian

   Kejuaraan.

4.

Mendatangkan pelatih professional bidang non akademik.

Kesiswaan

Siswa

Siswa lebih profesioanal di bidangnya.

5.

Memberi kesempatan siswa bergabung dalam club sesuai bidang talentanya.

Kesiswaan

Siswa

Tercapainya peluang untuk berkompetisidan kesempatan menjadi juara.

6.

Memberi peluang yang tak terbatas untuk mengikuti lomba non akademik di dalam kota maupun di luar kota.

Kesiswaan

Siswa

= Memperoleh

    kejuaraan.

= Adanya peningkatan siswa diterima di sekolah sekolah faforit melalui jalur prestasi non akademik.

7.

Mengikusertakan guru, karyawan dalam lomba non akademik ( OR, Karya Ilmiah, Guru/ Karyawan Berprestasi)

= Waka Non

    Akademik

= Humas

= Guru

 Karyawan

Peningkatan Prestasi Guru dan Karyawan.

8.

Melibatkan guru dan karyawan dalam kegiatan  di luar pembelajaran ( kepanitiaan pelatihan,lepas pisah, peringatan hari besar,studi tour, dll)

= Waka Non

    Akademik

= Kesiswaan

= Humas

Guru

Karyawan

Terciptanya iklim yang sinergi antara warga sekolah dan peningkatan kerjasama.

9.

Pemberian Tugas  Tambahan bagi Guru dan Karyawan  selain tugas rutin ( Wali kls, Bendahara, petugas monev, Sekbid di Kesiswaan, operator Web, wakil kepsek, Humas,Ka Perpus, Ka Lab, Koord. Kurikulum, Koord. Kesiswaan, dll)

= Waka Non

    Akademik

Guru

Karyawan

= Peningkatan Kinerja Guru dan Karyawan.

= Terlaksanya system manajemen yang baik dan terakreditasi.

III.PENGEMBANGAN KARAKTER

NO

 

PROGRAM

PELAKSANA

(KOORDINATOR)

SASARAN

TARGET

1.

Pelaksanaan Morning Info

= Waka Akademik

= Waka Non

    Akademik

= Kesiswaan

= Humas

Guru

Karyawan

Siswa

= Peningkatan disiplin

=Seluruh warga sekolah

  mengetahui semua informasi terbaru yang disampaikan pada morning info.

2.

Pelaksanaan Sholat Dhuhur Berjamaah ( saat istirahat ke 2 dengan durasi istirahat yg sudah diatur / disesuaikan ).

Guru Agama

Guru

Karyawan

Siswa

Peningkatan ketaqwaan dan tercapainya insan yang berakhlak mulia.

3.

Pelaksanaan Pembacaan Surat Yassin  setiap hari jumat jam ke 1.

Guru Agama

Guru

Karyawan

Siswa

Peningkatan ketaqwaan dan tercapainya insan yang berakhlak mulia.

4.

Memberi kesempatan siswa Non Muslim untuk mengikuti pembelajaran agama sesuai dengan agamanya .

Kurikulum

Siswa

= Tercapainya insan yang berakhlak mulia

= Pencapaian hasil evaluasi belajar mapel agama.

5.

= Pelaksanaan Upacara Senin

= Pelaksanaan Upacara peringkatan Hari Besar Nasional.

Kesiswaan

Guru

Karyawan

Siswa

= Peningkatan kesadaran cinta tanah air.

= Peningkatan kedisiplinan.

6.

Pembentukan Pengurus Osis

Kesiswaan

Siswa

= Tercapainya jiwa kepemimpinan,dan  rasa tanggung jawab .

= Terwujudnya insan yang cerdas.

=  Terbentuknya wadah aspirasi siswa dalam peningkatan prestasi .

7.

Tersedianya Buku Tata Tertib Sekolah yang akurat.

= Kesiswaan

= Tim Tata Tertib

= Semua Guru

= Semua Karyawan

Siswa

= Semua Siswa mentaati Tata Tertib.

= Tercapainya karakter siswa yang sesuai dengan visi sekolah.

8.

Peningkatan Budaya Bersih dan terbentuknya Piket Kls.

Wali Kls

Siswa

Tercapainya lingkungan belajar yang bersih dan nyaman.

9.

= Pembiasaan budaya Literasi ( 15 menit sebelum KBM jam ke 1) di kls masing masing.

= Pengadaan Sudut Baca di dalam kls maupun di luar kls.

= Pemberian Reward dari Perpustakaan.

 

= Siswa

= Guru

= Karyawan

Siswa

Guru

Tercapainya budaya membaca warga sekolah.

10.

Pelaksanaan Agro Edukasi

Guru Prakarya

Siswa

= Penumbuhan rasa peduli lingkungan

= Tercapainya skill siswa tentang tanaman.

= Terbentuknya jiwa kewirausahaan.

= Tercapainya sekolah sebagai Pusat Studi Edukasi.

11.

Pelaksanaan Pembiasaan:

= Berdoa sebelum dan sesudah

    KBM.

= Menyanyikan Lagu Kebangsaan

   sebelum KBM jam ke 1.

= Menyanyikan Lagu Nasional setelah  KBM jam terakhir.

Guru Mapel / Guru kls

Siswa

Guru

Menumbuhkan rasa kebangsaan.

12.

Pelaksanaan Tabungan Siswa.

= Petugas Penerima

   tabungan.

= Bendahara

   Tabungan.

Siswa

= Menumbuhkan jiwa suka menabung dan hemat.

13.

Pelaksanaan Sholat Jumat di sekolah

Guru agama

Siswa

Peningkatan Ketaqwaan dan terwujudnya insane yang berakhlak mulia.

14.

Mendatangkan Motivator

= Waka Akademik

= Waka Non

   Akademik.

= Humas

= Kurikulum

= Kesiswaan

Siswa

Orang Tua

 Guru

Karyawan

Peningkatan motivasi belajar bagi siswa,

Peningkatan motivasi kinerja guru dan karyawan,

Peningkatan motivasi peran serta orang tua dalam pendidikan putra putrinya.

15.

Mengadakan Istighosah  (menjelang Ujian)

= Waka Akademik

= Waka Non

   Akademik

= Humas

= Kurikulum

= Kesiswaan

Siswa

Orang Tua

Guru

 karyawan

Tercapainya kesiapan spiritual menghadapi ujian.

16.

Mengadakan Lomba di sekolah baik mapel maupun non mapel.

 Kesiswaan

Siswa

= Penumbuhan jiwa

   kompetitif.

= Peningkatan

   Kreatifitas siswa.

= Menemukan bakat dan talenta siswa, dan dapat dijadikan seleksi persiapan lomba.

 

                                IV. PENGEMBANGAN HASIL EDS ( EVALUASI DIRI SEKOLAH)

Dasar Program Pengembangan Hasil EDS adalah Rekomendasi dan Skala Prioritas yang meliputi :

NO

 

PROGRAM

PELAKSANA

(KOORDINATOR)

TARGET

1.

= Pelaksanaan Review kurikulum

= Pembuatan program kerja ekstrakurikuler.

 

Penanggung jawab

Standar Isi.

= Terlaksananya  review

   Kurikulum.

= Tersedianya Program Ekstrakurikuler secara menyeluruh.

2.

= Mengadakan workshop pembelajaran pendekatan scientific.

= Mengadakan workshop pembelajaran sesuai gaya belajar siswa.

Penanggung jawab

Standar Proses.

= Peningkatan mutu guru .

3.

Mengadakan pemetaan prestasi siswa mulai kls 7 dan mengadakaan pembinaan bagi yang mengalami kesulitan belajar.

Penanggung jawab

Standar Kompetensi

 Lulusan.

Pencapaian lulusan sesuai target nilai yang diharapkan.

4.

Pemberian kesempatan guru dan karyawan untuk studi.

Penanggung jawab

Standar Pendidik

dan  tenaga kependidikan.

Tercapainya 100% tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan memiliki serfikasi linier dengan bidang yang diampu.

5.

Pengadaan Sarana dan Prasarana yang memadai :

= Sarana ruang Aula

= Sarana OR

= Pembangunan Hall dan sarananya

= Sarana Parkir

= Sarana meja kursi kantin/ ruang tunggu wali murid.

= Kelengkapan sarana kls.

Penanggung jawab

Standar Sarana

Prasarana.

Terpenuhinya sarana prasarana secara maksimal dan memadai.

6.

Melaksanakan pengarsipan secara tertib dan aman.

Penanggung jawab

Standar pengelolaan.

Tersedianya dokumen yang lengkap dan akurat.

7.

=Pengadaan dana yang mengakomodir kebutuhan kegiatan sekolah.

= Pelaksanaan koordinasi dengan komite sekolah.

Penanggung jawab

Standar Pembiayaan

Tersedianya dana yang mencukupi kebutuhan seluruh kegiatan sekolah

8.

Mengadakan workshop tentang penilaian .

Penanggung jawab

Standar Penilaian.

Peningkatan kualitas system penilaian .

 

                                V. PENATAAN  RKS  DAN  RKAS

                A).Untuk menyusun RKS  dan RKAS  diadakan koordinasi lebih dahulu dengan beberapa elemen,yaitu :   1. Kepala sekolah

                                2. Tim Pengembang Sekolah

                                3. Komite

                                4. Tokoh masyarakat

                                5. Pengawas

                                6. Stakeholder

 

                B). Penataan dana dalam RKAS disesuaikan antara dana yang ada dengan kegiatan atau kebutuhan yang menjadi prioritas dan tidak bisa ditunda ( gaji PTT, GTT, listrik, telepon, air ,sarana kebersihan). Sumber dana yang ada di sekolah hanya BOS. Pemenuhan dana/beaya operasioanal kegiatan kesiswaan dari swadaya siswa dan guru, tapi pemenuhannya belum maksimal . 

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
No Nama Staff Pengajar JK Mengajar
1 Abdul Amin, S.Pd L Pkn
2 Alimah Hidayati, S.Pd P Bahasa Daerah / Prakarya
3 Ani Frida, S.Pd, M.Pd P Matematika
4 Ani Winarsih, S.Pd P Penjaskes
5 Anis Prastyaningsih, M.Pd P IPA
6 Bagio Sulistiono, S.Pd L Bahasa Indonesia
7 Dra. Eko Suparwanti P IPS
8 Dra. Mamiek Suwarni P IPS
9 Dra. Ni Wayan Budhiwiyani P Bimbingan & Konseling
10 Dra. Rahayu Sudarwanti P Pkn
11 Dra. Sukarti P IPS
12 Drs. Joko Suswoko L Bimbingan & Konseling
13 Drs. Tarna L Penjaskes
14 Dwi Putri Nur A, S.Pd P Seni Budaya / Bahasa Indonesia
15 Hartiani, S.Pd P Seni Budaya
16 Ima Melatidewi, S.Pd P Bahasa Inggris
17 Imam Wahyudi, S.Pd, M.Pd L Matematika
18 Indri Wahyu Lestari, S.Pd P Bahasa Indonesia
19 Iwan Basuki, S.Pd L Prakarya
20 Jatim kristina MU, S.Pd P IPS
21 Mega Rahmawan, S.Pd L Seni Budaya
22 Nur Halimah, S.Pd P Bahasa Inggris
23 Nur Sujayanto, S.Pd L IPA
24 Nurul Hasan, S.Ag, M.Pd.I L Pendidikan Agama Islam
25 Puji Wahyuni, S.Pd P IPS
26 Putri Betyas Nur Fadhila, S.Pd P Bahasa Indonesia
27 Rahayuningsih, S.Pd, M.Pd P IPA
28 Rodiyah, S.Pd P Matematika
29 Saefullah, S.Sos.I L Pendidikan Agama Islam
30 Siti Romaliah, S.Pd P IPA

Hubungi Kami

Jl. Jawa 08 Sumbersari - Jember

68121 - Jawa Timur

Telp.(0331) 335334